Minggu, 08 Mei 2016

Tips Mendampingi Anak Menghadapi UKK

Sumber : https://www.sman1dukupuntang.sch.id

Ujian Kenaikan Kelas atau UKK sudah di depan mata. Serta merta akan terdengar keluhan dari orangtua mengenai kesiapan anak-anaknya dalam menghadapi UKK. Ada yang takut anaknya tidak mampu menjalani ujian, ada yang confident anaknya mampu tetapi tetap deg-degan, dan ada yang malah tidak tahu harus bagaimana untuk menyiapkan anak menghadapi UKK. 

Apakah Anda salah satunya?

Sebagai orangtua yang peduli dengan kegiatan belajar anak, Anda harus mendukung kegiatan anak yang satu ini.  Ujian anak memang bisa membuat orangtua ‘seru-seru semriwing’ karena itu perhatikan hal-hal berikut agar anda tidak baper.

1.     Cek kembali tanggal UKK
 Tidak lucu bila Anda sedang bersemangat menyiapkan anak anda ujian, tetapi ternyata jadwalnya sudah lewat. Jika anak tidak dapat menginformasikan dengan tepat, sediakan waktu untuk bertanya langsung pada guru wali kelasnya.

2.     Perhatikan juga mata pelajaran yang akan diujikan setiap hari.
Ini akan membantu dalam merencanakan dan menyiapkan bahan-bahan pelajaran, dan anak pun akan merasa diperhatikan orangtua. Juga dapat menjadi bahan diskusi setelah mata pelajaran tersebut diujikan.

3.     Buat bersama ringkasan mata pelajaran yang akan diujikan.
Tanyakan pada anak atau guru bila ada kisi-kisi yang bisa menjadi intisari UKK. Tanyakan pada anak apa materi yang telah dipelajari, kalau perlu buatkan ringkasan sendiri agar anak tinggal menghapalkannya.

4.     Pastikan anak mengkonsumsi makanan yang bergizi.
Jangan sampai anak tidak sarapan atau merasa lapar. Hal ini bisa mengganggu konsentrasinya.

5.     Pastikan perlengkapan anak-anak selama UKK sudah siap.
Alat-alat tulis, papan berjalan, dan kartu peserta ujian. Karena, entah mengapa peralatan ini selalu tiba-tiba menghilang.

6.     Pastikan anda menemani anak belajar dirumah selama UKK berlangsung.
Tunda dulu kegiatan sosial anda demi menemani anak menghapal rumus dan pelajaran.

7. Terima keadaan, bila nanti anak tidak mampu mengerjakan soal UKK dengan sempurna.
Tidak ada anak yang sempurna. Dan, tidak semua nilai 100 di pelajaran akan berguna saat dia bekerja. Yang penting anak anda sudah berusaha.

Dari semua tips tersebut yang paling penting adalah anda tidak memaksakan anak melakukannya. Bujuklah dengan baik agar suasana belajar jadi menyenangkan. Lebih utama lagi adalah membiasakan anak belajar teratur diluar jadwal UKK, sehingga ketika UKK anak sudah lebih siap.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar